Saturday, May 19, 2018

Makna Yang Terkandung Dalam Dasa Dharma Pramuka !

Posted by Nurkolis on May 19, 2018 in | 2 comments

Assalammualaikum Wr.Wb


Mungkin kita semua sudah sering mendengar apa itu Dasa Dharma, karena mulai dari Sekolah Dasar kita sudah diajarkan tentang Apa itu Dasa Dharma Pramuka. Menurut Wikipedia Dasa Dharma atau Dasa Dharma Pramuka adalah sepuluh sikap yang harus dimiliki oleh seorang Pramuka.

Tapi menurut Admin sendiri Dasa Dharma yaitu sebuah pedoman yang dijadikan tolak ukur seorang pramuka agar menjadi lebih baik dari sebelumnya, karena dalam setiap point Dasa Dharma tersebut mengandung sebuah Makna yang sangat berarti untuk membentuk sebuah karakter seseorang yang memiliki atitude,sopan santun,Unggah-ungguh yang baik terhadap diri kita maupun masyarakat sekitar. Intinya apabila kita mengerti makna yang terkandung dalam Dasa Dharma dan Mengamalkannya, Kita pasti akan menjadi pribadi yang lebih baik. Nah dibawah ini admin akan membagikan informasi tentang Kandungan makna Dasa Dharma Pramuka.

1. Takwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa 
Maksud dari point pertama ini adalah kita sebagai seseorang yang beragama,harus menjalankan kewajiban sebagai mana yang sudah diperintahkan dalam agama kita masing-masing. Apa lagi dalam sebuah kegiatan pramuka,biasanya kita disibukan oleh kegiatan yang padat dan waktu yang terbatas. Nah dari ini kita bisa mengambil sebuah kesimpulan,Se-sibuk apapun kegiatan kita jangan sampai kita melupakan ibadah kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Jangan sampai kita melanggar Norma-norma yang dilarang oleh Agama kita.


2. Cinta Alam Dan Kasih Sayang Sesama Manusia
Seperti yang kita ketahui, kita sebagai Warga Negara Indonesia harus menjaga dan mencintai lingkungan sekitar terutama dalam menjaga keasrian Alam indonesia ini. Jangan sampai kita mengkotori lingkungan disekitar kita seperti budaya membuang sampah sembarangan,hal ini harus kita biasa kan sejak usia dini untuk tidak melakukan kerusakan lingkungan karena perbuatan tersebut. Nah kita sebagai anggota pramuka adalah pelopor untuk membuat kegiatan dan gerakan mencintai Alam sekitar dengan melakukan reboisasi atau penanaman pohon diarea sekitar kita. Tak hanya itu kita juga harus menjalin komunikasi dan Sosialisasi terhadap masyarakat sekitar pentingnya menjaga lingkungan. Untuk menjalin sebuah komunikasi yang baik terhadap sesama kita tanamkan sifat kasih sayang sesama manusia dalam diri kita masing-masing,karena dengan sifat ini kita bisa menjalin sebuah keakraban dan mendorong rasa tolong menolong terhadap sesama yang saling membutuhkan.

3. Patriot Yang Sopan Dan Kesatria

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Patriot adalah Pencinta (pembela) tanah air. Dalam hal ini kita sebagai seorang anggota pramuka harus memiliki jiwa semangat membela NKRI dan ikut menegakkan keadilan yang ada Layaknya seperti seorang Kesatria. Kita harus berani mengatakan Tidak kepada yang salah dan berani mengatakan Iya kepada yang Benar, karena sesuatu yang kita jalankan dengan tidak jujur itu akan membinasakan diri kita sendiri sebab segala sesuatu itu dipertanggung jawabkan. Layaknya patriot kita juga harus memiliki rasa Sopan santun kepada sesama terutama kepada yang lebih tua,karena semua itu bukan dinilai dari tampilan,materi, ataupun dari jabatan. Semua itu dinilai dari sikap kita terhadap sesama yang mengedepankan unggah-ungguh,atitude dan sopan santun. Kita buktikan kepada masyrakat sekitar bahwa pramuka itu memberikan perubahan yang baik dalam sikap,tampilan dan pola pikir yang lebih kedepan.

4. Patuh Dan Suka Bermusyawarah
Sebagai seseorang yang hidup didunia ini, kita tidak terlepas dari sebuah aturan. Karena sebuah peraturan dibuat bukan untuk dilanggar melainkan untuk membuat seseorang tersebut lebih teratur,tertib dan tidak se-enaknya sendiri, Nah dalam sebuah organisasi pun seperti itu terutama Pramuka. Kita diajarkan untuk selalu patuh dalam setiap hal yang dirasa itu, memberikan pengaruh yang baik terhadap diri kita. Contoh kecilnya itu adalah dalam kegiatan PBB (Peraturan Baris Berbaris) kita harus mendengarkan setiap intruksi yang diberikan. Hal ini mengajarkan pada diri kita untuk selalu lebih terarah dan teratur dalam menata kehidupan kita. Tapi jangan sampai kita itu patuh terhadap pemimpin atau orang yang mengarahkan kita kepada jalan keburukan. Maka carilah seorang pemimpin yang bisa dijadikan panutan dan contoh yang baik bagi diri kita dan orang lain disekitar kita. Selain itu carilah pemimpin yang mengedepankan Musyawarah untuk menyelesaikan masalah bukan yang memutuskan suatu perkara dengan sepihak. Karena tujuan sebuah musyawarah ini adalah mengambil sebuah keputusan bersama dan menyatukan perbedaan pendapat.

5. Rela Menolong dan Tabah
Maksud dari point ini kita sebagai makhluk sosial, harus memiliki jiwa saling tolong menolong antar sesama sehingga tercipta keadaan yang harmonis. Hal ini harus didasari oleh hati yang iklas dalam menolong tidak mengharapkan imbalan ataupun hanya sekedar ingin terlihat baik dimata orang lain. Begitupun saat kita menghadapi suatu kesusahan atau masalah kita harus Tabah dalam menjalani Cobaan tersebut, Karena Allah tidak akan menguji sebuah hambanya melampai batas kemampuan orang tersebut. Jadi berprasangka baiklah kepada Allah Swt. Mungkin dengan adanya Ujian ini Allah ingin Meningkatkan derajat orang tersebut dan menambah ketaqwan orang tersebut. Intinya Saling Tolong menolong antar sesama apabila ada yang sedang kesusahan dan Tabah lah dalam setiap cobaan yang diberikan. Terlebih lagi dalam kegiatan Pramuka kita harus saling membantu dan senantiasa Tabah maupun Iklas dalam segala Hal. Seperti Kata-kata yang sering kita dengar "Iklas Bakti Bina Bangsa, Berbudi Bawa Laksana".

6. Rajin,Trampil dan Gembira
Sikap ini lah yang mencerminkan seorang pramuka berbeda dari yang lain, Yaitu memiliki jiwa Rajin yang menunjukan seorang pramuka itu bukan lah orang yang bermalas-malasan dan memiliki jiwa Trampil dalam hal apapun. Sebagai serorang pemuda kita harus memiliki jiwa semangat yang tinggi,Rajin dalam beribadah, rajin menolong sesama,rajin membantu orang tua serta merasa senang atau gembira dalam melakukan sebuah kebaikan, karena seperti yang kita ketahui "apa yang kita tanam itulah yang kita panen nantinya" Mumpung masih muda gunakan waktu semaksimal mungkin untuk mencari sebuah pengalaman dan menebarkan sebuah kebaikan. Terampil lah dalam segala aspek kehidupan yang membuat kita itu dibutuhkan dalam masyarakat, bukan sekedar hanya terlihat dan tidak memiliki manfaat. Nah itulah yang akan membuat hidup kita lebih bahagia dan terkesan istimewa.

7. Hemat,Cermat dan Bersahaja

Hemat disini memiliki arti menggunakan segala sesuatu sesuai kebutuhan atau tidak berlebihan, nah ini juga merupakan pelajaran yang sangat berarti dalam hidup kita. Kita harus pandai atau cermat dalam menggunakan sesuatu agar sesuatu itu tidak merugikan kita kedepannya. Misalnya dalam penggunakaan tenaga, kita harus pandai dalam mengatur tenaga kita jangan sampai kita terlalu ngoyo atau ngotot dalam bekerja atau berkegiatan, sehingga kita masih menyimpan cadangan tenaga yang kita miliki untuk digunakan dihari berikutnya, jadi kita harus efesien dalam menggunakannya. Bersahaja disini memiliki arti Sederhana, banyak sekali orang yang belum mengerti tentang bersahaja ini. Kita sebagai seseorang pramuka harus senantiasa memiliki sifat sederhana. Sederhana ini bukan kita itu biasa-biasa saja, tapi Sederhana kita itu didalamnya ada hal yang luar biasa atau istimewa, Jangan sombong dengan materi yang kalian miliki, jangan sombong dengan pengalaman kalian yang setinggi gunung. Karena itu tidak akan berguna kalau hal itu belum kalian bagikan kepada rekan-rekan kalian. Jadilah orang yang tidak pelit dalam berbagi ilmu dan pengalaman, Karena ilmu akan lebih berguna apabila ada orang lain yang memiliki ilmu itu juga. Tetaplah sederhana dalam tampilan tapi  berkualitas dalam sebuah tindakan. 

8. Disiplin,Berani dan Setia

Terkadang orang awan diluar sana banyak berfikir bahwa pramuka itu tidak memiliki manfaat, tapi mereka salah. Karena dalam sebuah kegiatan pramuka itu memang banyak aturan yang terkadang membuat anak sekarang tidak senang dengan pramuka, tapi dari peraturan itu lah yang membuat mereka belajar arti sebuah kedisiplinan. Karena kita hidup didunia ini tidak lepas dari sebuah peraturan, seandainya didunia ini tidak ada peraturan mungkin kita akan hidup dalam sebuah kebebasan yang membuat seseorang se enaknya sendiri dalam menjalani hidup. Terlepas dari konteks itu kedisiplinan ini mengajarkan hal yang sangat berharga dalam hidup kita kalau kita pandai dalam mengambil hikmah didalamnya. Disiplin ini membuat kita lebih teratur dan menghargai nama nya waktu. Kita harus Berani mengambil keputusan didalam waktu yang sangat mepet atau genting, nah disinilah kenapa kita harus memiliki sifat Berani, tapi berani disini diartikan bukan orang yang semena-mena dalam melakukan sesuatu Melainkan orang yang Berani mengatakan Benar kepada hal yang Benar dan Berani mengatakan Salah kepada sesuatu yang Salah. "Berani karna Benar,Takut karna Salah" maksudnya apabila kita itu benar maka beranilah dalam menghadapi segala bentuk permasalahan yang ada, jangan jadi pengecut yang hanya bisa lari dari masalah dan Apabila kita Salah kita harus berani bertanggung jawab dan meminta maaf. Disinilah yang akan membuat kita Setia terhadap organisasi kita, Karena sebuah kenyamanan lah yang menjadi alasan kenapa sampai saat ini kita masih bertahan. Kesetiaan ini yang akan mengajarkan kita, bukan siapa yang paling banyak datang diawal, Tapi siapa yang dapat bertahan sampai akhir untuk selalu menyebarkan sebuah kebaikan dan berbagi pengalaman.

9. Bertanggung Jawab dan Dapat Dipercaya

Tanggung Jawab merupakan hal yang terpenting dalam hidup kita,karena Orang akan dipercaya apabila dia bertanggung jawab tapi sebaliknya apabila tidak bertanggung jawab jangan harap akan diberi sebuah kepercayaan lagi. Layaknya Suami yang bertanggung jawab terhadap keluarganya yang memiliki beban yang berat untuk menafkahi keluarganya. Sebuah Tanggung Jawab ini harus benar-benar dijalankan dengan baik, karena segala sesuatu itu pasti akan dimintai sebuah pertanggung jawaban dihari kelak. Jadilah orang yang Amanah dalam menjalankan sebuah Tanggung Jawab, karena Sebuah Tanggung Jawab ini menentukan kita pantas untuk dipercaya atau tidak. Seperti yang ada dipundak kita entah itu ,Bantara,Laksana ataupun pandega kita harus menjalankan sebuah Tanggung Jawab itu dengan baik, Jangan lupakan janji yang telah kalian ucapkan saat pelantikan itu.  

10. Suci dalam Pikiran,Perkatan dan Perbuatan
Apabila kita berpikir baik secara tidak langsung Perkatan dan perbuatan kita juga akan baik, untuk itulah kita harus bisa mengontrol pikiran kita untuk senantiasa berpikir yang positif. Kita harus Tau mana yang benar dan mana yang buruk, Agar kita terhindar dari sesuatu yang dapat menyesatkan kita. Jadilah pribadi yang baik dalam segala aspek kehidupan yang bisa dijadikan contoh oleh orang sekitar.


Kesimpulannya Sebenarnya dari Dasa Dharma ini kita dapat memperoleh ilmu yang sangat luar biasa. Dasa Dharma ini mengajarkan kita bagaimana agar hidup kita lebih baik dan memiliki karakter serta atitude,sopan santun. Untuk itu admin berpesan Semangatlah dalam Pramuka jadikan pramuka ini sebagai ladang amal kita untuk menyebarkan kebaikan. Jangan berfikir untuk mencari sebuah Popularitas atau hanya ingin dikenal. Toh itu tidak akan ada manfaatnya. Berikanlah yang terbaik untuk organisasi kita. Jangan berharap Mendapatkan sesuatu dari Pramuka, Tapi berikanlah Sesuatu pada Pramuka Agar pramuka kita bisa lebih baik dari sebelumnya. Admin menulis ini hanya ingin berbagi agar pembaca termotivasi dan lebih semangat lagi dalam berorganisasi, Jadikan masa muda kalian itu yang bisa diceritakan kepada anak-anak kalian nantinya, Kalau dulu Papah Sama Mamah itu begini nak ! Berjuang dipramuka untuk mencari Jati diri dan bisa bermanfaat bagi orang lain. Kita ini sebagai Pemuda adalah Pelopor bagi rekan yang lain terutama yang mengikuti kegiatan Pramuka ini. Buktikan pada rekan kalian yang lain bahwa, kita itu bisa dijadikan contoh yang baik, yang memiliki atitude serta karakter yang baik. Sekian informasi yang admin dapat sampaikan, apabila ada salah-salah kata maupun dalam penyampaian mohon kritik dan saran dari pembaca semua. Sehingga admin dapat merefisi artikel ini dengan segara. Apabila ada Tambahan mohon Corat-coret dikolom komentar dibawah ini.
 

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Dasa_Dharma





Rekomendasi :

2 comments:

  1. Kenapa dasa dharma yg ke 10 tidak ada suci dalam penglihatan?

    ReplyDelete
  2. Karna Suci dalam Pikiran dan Perbuatan sudah mencakup hal tersebut kak, apabila kita berfikiran yang positif dan tindakaan yang positif pasti kita akan melakukan hal yang baik dalam kehidupaan kita, contoh dalam pengelihatan, Sopan santun dalam bermasyarakat dan masih banyak contoh lainya.Jadi gitu kak.

    ReplyDelete