Wednesday, March 8, 2017

INSTALASI CMS SEKOLAHKU-LOCALHOST

Posted by Nurkolis on March 08, 2017 in | No comments

ASSALAMMUALAIKUM WR.WB

PENGERTIAN

Cms Sekolahku ini adalah merupakan aplikasi yang menyediakan fitur website sekolah sekaligus terdapat fitur PPDB online, jadi pada cms sekolahku ini sangat lah praktis dan kita dapat memanfaatkan banyak fitur didalamnya.

LATAR BELAKANG

Karena banyaknya sekolah sekarang yang belum terdapat situs website sekolah, untuk itulah website ini sangat diperuntungkan untuk sekolah yang belum terdapat aplikasi untuk mepromosikan sekolah tersebut.

MAKSUD & TUJUAN
- Untuk media promosi pada sekolah
- Mengetahui cara instalasi cms sekolahku.

ALAT & BAHAN
- Aplikasi cms sekolahku download disini !!
- laptop
- LAMP/XAMPP(Apache,mysql,phpmyadmin)

JANGKA WAKTU

Jangka waktu untuk instalasi cms sekolahku kurang lebih 10 menit.

LANGKAH KERJA


1. Pertama-tama kita masuk ke terminal root laptop kita. sebenarnya cara instalasi sama seperti pada server, tapi disini saya menggunakan localhost saya untuk instalasi.
2. Kemudian kita masuk direktori yang terdapat aplikasi sekolahku, kemudian kita copy aplikasi tersebut pada folder cms yang terdapat pada direktori /html yang sudah kita buat sebelumnya, perintah untuk membuat direktori # mkdir namafolder. lanjut kita copy aplikasi dengan perintah # cp cms-sekolahku.... /var/www/html/cms lalu enter.

3. kemudian masuk ke direktori cms # cd /var/www/html. untuk melihat # ls. sebelumnya beri hak milik dan hak akses pada folder cms. setelah masuk ke direktori cms, lalu kita ekstrak cms sekolahku dengan cara # unzip namafile

4. Setelah diekstrak kita buat database, kemudian kita ke browser lalu masuk masuk ke phpmyadmin dengan cara # localhost/phpmyadmin setelah masuk phpmyadmin . selanjutnya kita membuat databases db_sekolahku lalu create.

5. kemudian klik pada database db_sekolahku , setelah itu kita pilih import ->browser

6. lalu cari pada folder cms yang terdapat nama db_sekolahku.sql lalu open.

7. setelah itu kita kembali ke terminal kita, masuk ke folder application->config lalu kita edit database.php dengan cara # nano database.php

8. kemudian cari dan edit password root phpmyadmin dan untuk database samakan seperti yang telah kita buat tadi. lalu simpan. CTRL+X

9. Kemudian kita cek pada web browser dengac cara localhost/cms . apabila sudah muncul tampilan seperti ini berarti instalasi kita berjalan lancar.

10. Dan untuk mengedit cms sekolahku ini tinggal masukan localhost/cms/login masukan username dan paswword "adminitrator" Nah dan selamat mencoba.


KESIMPULAN

Dengan cms ini kita bisa memanfaatkan fiturnya untuk mempromosikan sekolah dan dapat difungsikan sebagai PPDB online.

REFERENSI
http://sekolahku.web.id/

0 komentar:

Post a Comment