Tuesday, March 7, 2017

CREATE DATABASE WITH SQL COMMAND

Posted by Nurkolis on March 07, 2017 in | No comments

ASSALAMMUALAIKUM WR.WB


PENGERTIAN
   
    SQL atau Structured Query Language adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya.
    Secara umum, SQL terdiri dari dua bahasa, yaitu Data Definition Language (DDL) dan Data Manipulation Language (DML). Implementasi DDL dan DML berbeda untuk tiap sistem manajemen basis data (SMBD)[4], namun secara umum implementasi tiap bahasa ini memiliki bentuk standar yang ditetapkan ANSI. Artikel ini akan menggunakan bentuk paling umum yang dapat digunakan pada kebanyakan SMBD.

LATAR BELAKANG

Dengan membuat database secara command melalui via CLI berfungsi menambah pengatahuan kita dan kita tidak terpaku pada aplikasi GUI nya.

MAKSUD & TUJUAN

Untuk menambah pengetahuan bagaimana cara membuat database melalui via CLI.

ALAT & BAHAN

- Laptop
- Database server

JANGKA WAKTU

Jangka waktu yang dibutuhkan untuk melakukan konfigurasi ini kurang lebih 10 menit.

LANGKAH KERJA

1. Pertama-tama kita masuk ke terminal linux kita.
2. Setelah itu masukan perintah # mysql -u root -p . lalu masukan password root database kalian. Selanjutnya untuk membuat database masukan perintah > CREATE DATABASE `nama_database`; lalu enter.

3. kemudian untuk melihat database yang sudah kita buat tadi, masukan perintah > show databases; lalu enter. Nah bisa dilihat pada gambar dibawah ini, kita berhasil menambahkan database tersebut tadi.

4. Apabila kita ingin menghapus database kita ketikan perintah > DROP DATABASE `nama_database`; lalu enter . kemudian kita lihat apakah sudah benar2 terhapus atau belum, masukan perintah > show databases; . Nah disini database yang sudah saya buat tadi sudah tidak ada, alias terhapus. Dan selamat moncoba !!

KESIMPULAN

Dengan mempelajari membuat database menggunakan SQL command ini kita bisa lebih tau bagaimana cara database dibuat dan sekaligus menambah wawasan kita.

REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/SQL

0 komentar:

Post a Comment