Monday, February 13, 2017

TUTORIAL MIKROTIK IP BINDING

Posted by Nurkolis on February 13, 2017 in | 1 comment

ASSALAMMUALAIKUM WR.WB






PENGERTIAN

IP Binding merupakan fitur yang terdapat pada mikrotik yang memiliki beberapa fungsi antaranya untuk meblok akses internet pada client maupun memberikan akses secara otomatis tanpa harus login terlebih dahulu.

LATAR BELAKANG

Dengan Ip Binding ini kita bisa memberikan akses internet pada orang tertentu tanpa harus melalui proses login dan mendapatkan akses internet secara langsung.

MAKSUD & TUJUAN

1. Memberikan Akses internet langsung tanpa login
2. Difitur ini juga kita dapat meblok akses internet pada client

ALAT & BAHAN

1. Laptop client
2. Mikrotik rb 941

JANGKA WAKTU

Jangka waktu yang dibutuhkan kurang lebih 10 menit

LANGKAH KERJA

1. Pertama kita buka winbox kita.
2. Lalu kita Pilih IP -> Hotspot

3. kemudian kita pilih pada tab Host, pada tab host ini merupakan Ip dan Mac Address client yang sedang tersambung pada Hotspot kita. Jika ingin melihat nama client yg terhubung PIlih IP -> DHCP Server -> Leases

4. Setelah mengetahui alamat IP yang ingin kita Binding, lalu kita double klik pada IP tujuan, setelah itu Make Binding.


5.Nah kemudian kita pilih type, kita pilih bypassed. bypassed ini berfungsi agar client secara otomatis langsung dapat menggunakan koneksi internetnya tanpa harus login terlebih dahulu.

6. Kemudian kita coba pada laptop client yg di binding tadi, kemudian langsung gunakan untuk browsing, apabila berhasil digunakan untuk internetan. berarti konfigurasi kita berhasil. Selamat Mencoba !!


KESIMPULAN

Kita dapat membuat client langsung menggunakan koneksi internetnya tanpa harus login terlebih dahulu. Dan kita juga dapat memanfaatkan fitur blocked untuk meblok akses internet pada client.

REFERENSI

https://mikrotikindo.blogspot.co.id/2016/06/cara-bypass-user-hotspot-tidak-perlu-login.html


--Cukup sekian Tutorial yang dapat saya sampaikan--
Kurang lebihnya mohon maaf
Wassalammualaikum Wr.Wb

1 comment: