Tuesday, February 14, 2017

PENGERTIAN IPTABLE

Posted by Nurkolis on February 14, 2017 in | No comments

ASSALAMMUALAIKUM WR.WB

PENGERTIAN

Iptables merupakan satu dari beberapa aplikasi firewall yang dapat dijalankan di Linux. Sebenarnya ada beberapa aplikasi firewall yang dapat berjalan di linux seperti, ipfwadm, ipchains, dan Iptables.  Secara default Iptables ini sudah terinstall pada sistem operasi open sources, jadi kita tak perlu menginstallnya lagi.

Dalam pengaturan paketnya, ada 3 buah tabel paket yang terdapat pada Iptables, yaitu :

1. Tabel Filter
 Tabel Filter ini merupakan tabel yang berkaitan dengan proses filtering paket. Tabel Filter ini terbagi menjadi 3, yaitu :

- INPUT, Yaitu dimana kita bisa melakukan pemeriksaan terhadap paket network yang masuk atau bisa dikatakan untuk mengatur semua paket-paket masuk (incoming traffic)

- FORWARD, Yaitu titik dimana kita melakukan pemeriksaan terhadap paket yang hanya lewat pada sistem kita atau juga paket-paket yang diteruskan atau dirouting.

-OUTPUT , Yaitu proses dimana kita melakukan pemeriksaan terhadap paket yang dihasilkan dan di keluarkan sebelum routing.

2. Tabel NAT
    Pada tabel Nat ini, IPtables akan mengganti header paket, berupa source/destination IP address dan port. Nat ini terbagi menjadi 3 buah chain, yaitu:

-PREROUTING chain , titik dimana kita bisa memanipulasi paket network sebelum dia memasuki keputusan routing, apakah di masuk ke sistem atau hanya lewat saja.

-OUTPUT chain, yaitu titik dimana pemeriksaan terhadap paket network yang dihasilkan untuk dikeluarkan sebelum proses routing.

-POSTROUTING chain , yaitu dimana kita bisa melakukan manipulasi terhadap paket yang akan keluar melalui sistem.

3. Table Mangle
    Table ini digunakan untuk mengubah informasi paket, seperti Type Of Service (TOS), Time To Live (TTL) dan MARK (bandwitd limiting dan class based queuing). Tabel Mangle terbagi lagi menjadi 5 yaitu:

- PREROUTING chain
-INPUT chain
-OUTPUT chain
-FORWARD chain
-POSTROUTING chain


Sebenarnya tugas dari ketiga 3 table tersebut sama, tapi yang bertugas sebagai filtering paket hanyalah tabel filter. sedangankan tabel NAT dan Mangle hanya sebagai pelengkap saja.

KESIMPULAN

Kita dapat mengetahui apa itu IPtable dan beberapa table yang ada didalamnya beserta fungsinya.

REFERENSI

https://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=https://en.wikipedia.org/wiki/Iptables&prev=search

0 komentar:

Post a Comment