Tuesday, March 13, 2018

Tutorial Menambah Paket Untuk Memutar Format Video .mkv Pada Linux

Posted by Nurkolis on March 13, 2018 in | No comments

Assalammualaikum Wr.Wb

A. Pengertian

Dengan banyaknya media atau perangkat pemutar video, saat ini format video yang ada sangat banyak. Tetapi dari sekian banyak, salah satu format video yang mulai banyak beredar dan digunakan terutama untuk kualitas tinggi (High Definition/HD) adalah MKV (Matroska Video)

Matroska merupakan standard format kontainer Multimedia yang bersifat terbuka, merupakan format file yang dapat menyimpan banyak (tidak terbatas) jumlah video, audio, gambar, track subtitle hanya dalam sebuah atau satu file. Sebenarnya mempunyai konsep yang mirip dengan format AVI, MP4,3GP,FLV atau ASF, tetapi Matroska merupakan format dengan spesifikasi yang terbuka sepenuhnya (open source).

B. Latar belakang

Sebelumnya Sistem Operasi Linux mint saya tidak dapat memutar format video .mkv untuk itu saya menambahkan paket tambahan, supaya SO saya dapat memutar format Video tersebut.

C. Maksud & Tujuan

Untuk membagikan informasi bagaimana menambah paket tambahan agar Sistem yang berbasis Linux dapat memutar Format video .mkv

D. Langkah Kerja

  1. Pertama pastikan laptop Linux anda tersambung dengan koneksi internet.
  2. Buka Terminal linux anda kemudian masuk dengan Super User agar masuk ke mode Root linux.
  3. Kemudian masukan perintah "
    sudo apt-add-repository ppa:strukturag/libde265 " untuk menambahkan paket repositori sistem.
  4. Setelah itu Update sistem linux Anda. "apt-get update"
  5. kemudian Masukan perintah dibawah ini secara berurutan. "sudo apt-get install gstreamer0.10-libde265" , "sudo apt-get install gstreamer1.0-libde265", "sudo apt-get install vlc-plugin-libde265"


  6. Nah setelah selesai, coba kita test untuk memutar video yang memiliki format .mkv . Biasanya video yang berformat .mkv akan menampilkan gambar video tersebut seperti dibawah ini, berarti proses kita berjalan dengan baik.


  E. Kesimpulan

 Kita dapat memutar video dengan format .mkv dengan cara menambah paket tambahan pada Sistem Operasi Linux anda, tak hanya linux tapi ini juga bisa digunakan untuk Sistem operasi yang bertype Unix atau satu Distro dengan Linux mint. Semoga Tutorial ini bermanfaat untuk Pembaca Semua, apabila ada salah-salah kata mohon maaf. Apabila ada Kritik dan saran yang membangun silahkan Corat-coret dibawah.

F. Referensi

https://ebsoft.web.id/mengenal-format-video-pilihan-mkv-matroska-video/

Wassalammualaikum Wr.Wb



0 komentar:

Post a Comment