Saturday, March 11, 2017

INSTALL EHCP IN DEBIAN 8.6

Posted by Nurkolis on March 11, 2017 in | 4 comments

ASSALAMMULAIKUM WR.WB


PENGERTIAN

EHCP adalah Salah satu panel hosting gratis. EHCP atau lebih dikenal dengan Easy Hosting Control Panel merupakan web hosting control panel yang dibuat untuk sistem operasi Linux dan keturunan Debian. Bisa dikatakan EHCP adalah sebuah hosting panel, Hosting panel sendiri merupakan antarmuka berbasis web yang disediakan oleh perusahaan hosting yang memungkinkan pelanggan untuk mengelola berbagai layanan mereka host di satu tempat.

LATAR BELAKANG

Karena perkembangan jaman dan banyaknya perusahan yang ada, untuk itulah banyak perusahan yang membutuhkan Hosting ini untuk mengelola berbagai layanan mereka.

MAKSUD & TUJUAN

- sebagai penyedia layanan hosting
- banyak fitur yang tersedia didalamnya

ALAT & BAHAN

- Aplikasi ehcp
- server
- koneksi internet
- laptop client

JANGKA WAKTU

Jangka waktu yang dibutuhkan untuk konfigurasi ini kurang lebih 30 menit, tergantung pada kecepatan koneksi internet yang ada.

LANGKAH KERJA

1. Pertama-tama siapkan aplikasi ehcp pada server kalian, kemudian copy pada direktori html. dengan cara # cp ehcp_latest.tgz /var/www/html

2. kemudian kita masuk ke direktori html,# cd /var/www/html

3. setelah masuk kedirektori html, lalu kita ekstrak aplikasi ehcp, karena aplikasi ekstension menggunakan tgz, kita ektrak dengan cara #tar -xzf ehcp_latest.tgz

4. setelah diekstrak, lalu kita jalankan aplikasinya dengan cara # ./install.sh

5. Nah kemudian akan muncul tampilan untuk konfigurasi ehcp, diharapkan dibaca terlebih dahulu sebelum melakukan konfigurasi. lalu enter untuk melanjutkan.

6. kemudian kita dihadapkan dengan perintah untuk menginstall lamp, kita enter saja untuk melanjutkan. kemudian tunggu proses instalasinya sampai selesai.

7. setelah itu muncul tampilan seperti dibawah ini, disini kalian disuruh untuk berhati-hati saat instalasi, harap untuk dibaca terlebih dahulu. setelah mengerti lalu kita enter.

8. kemudian kita disuruh untuk memasukan password root msyql dan membuat password untuk ehcpnya.

9. Selanjutnya akan muncul tampilan informasi bahwa setting mysql complated, kemudian dibawah itu terdapat perintah untuk menampilkan hostname, kita enter.

10. Nah ini adalah tampilan hostname dan ip addres yang digunakan pada ehcp, untuk melanjutkan kita enter.

11. kemudian kita disuruh untuk memilih bahasa yang ingin digunakan, kita isi English saja.


12. Selanjutnya kita dihadapkan pilihan yaitu ingin menginstall semua fitur yang ada di ehcp atau tidak, disini saya tidak ingin menginstall semua fitur didalamnya, jadi saya pilih "n"

13. Nah proses instalasi ehcp selesai, bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

14. Jika kita ingin masuk ke ehcp melalui browser, tinggal kita masukan ip/ehcp kemudian kita disuruh untuk login terlebih dahulu. nah pada tampilan login ini terdapat peringatan, jika kalian klik maka disitu terdapat peringatan bahwa ip yang digunakan merupakan ip private bukan ip publik, tapi ini tidak masalah jika ini hanya untuk uji coba saja.

15. Nah ini adalah tampilan yang ada didalam ehcp, kalian bisa memanfaatkan fitur ini, dan selamat mencoba.

KESIMPULAN

Kita dapat menggunakan ehcp ini untuk hostinger dan mengelola berbagai layanan yang ada didalamnya.

REFERENSI
http://www.ehcp.net/?q=node/794

4 comments: