Friday, February 3, 2017

TUTORIAL MEMBUAT DATABASE PEMBELAJARAN-AUTO INDEX

Posted by Nurkolis on February 03, 2017 in | 1 comment

ASSALAMMUALAIKUM WR.WB



PENGERTIAN

Autoindex PHP script adalah merupakan salah satu Content Management Sytem atau lebih dikenal dengan sebutan CMS yang dapat digunakan sebagai File penyimpanan Online yang dapat diakses oleh banyak orang dan Autoindex ini merupakan kumpulan direktori yang berbasis web.

LATAR BELAKANG


Karena perkembangan teknologi saat ini, kita dapat membuat database untuk sistem pembelajaran yang dapat diakses banyak orang.

MAKSUD & TUJUAN

Tujuan pembuatan database ini untuk sistem penyimpanan file dan berfungsi untuk sistem pembelajaran berbasis public atau umum. agar bisa diakses siapa saja.

LANGKAH KERJA


1. pertama-tama buka terminal kalian.
2. setelah itu, masuk ke direktori yang menyimpan ‎file autoindex. disini saya simpan di Download. # cd Download/ . kemudian lihat, setelah itu kita copy ke direktori html. dengan cara # cp nama file /var/www/html


3. setelah itu masuk ke direktori html. dengan cara # cd /var/www/html setelah masuk, kita lihat filenya ada atau tidak. dengan cara # ls . kemudian kita ekstrak file tersubut, karena file extension nya zip. kita menggunakan cara # unzip nama file . sebelumnya kalian harus menginstall unzipnya terlebih dahulu, jika belum dengan cara # apt-get install unzip.

4. setelah itu kita lihat # ls . kemudian nnti akan muncul folder yang bernama autoindex, lalu kita ganti namanya menjadi data dengan cara # mv Autoindex-2.2.4/ data

5. kemudian kita beri hak milik dan hak akses dengan cara # chown -R www-data:www-data nama file . # chmod -R 755 nama file.

6. lalu kita cek dengan cara membuka browser, kalian sebelumnya harus sudah menginstall Lammp atau menggunakan aplikasi Xampp. ketikan localhost/autoindex, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini, lalu centang enable login.

7. Nah ini adalah tampilan awal dari autoindex, kita bisa login sebagai admin maupun user.

8.Disini saya akan memberikan cara masukan file ke autoindex. kita buka file kita. lalu kita pilih folder yang ada isinya, kemudian kita compres untuk menjadikan file extension, sehingga bisa kita letakan pada folder autoindex.
Lalu jadikan file zip.


9.setelah itun masuk ke terminal, lalu masuk ke direktori tadi. lalu kita copy file yang telah kita compres tadi ke direktori /html . dengan cara # cp nama file /var/www/html/autoindex


10. setelah itu kita masuk ke direktori /autoindex dengan cara # cd /var/www/html/autoindex . lalu kita ekstark file tadi dengan cara #unzip nama file

11. kemudian kita beri hak milik dan hak akses.

12. lalu buka pada browser lagi. nah filenya tambahkan pada autoindex.

13. dan ini hasil akhir dari editan saya. Selamat mencoba.


KESIMPULAN


Kita dapat membuat database dengan mudah, dengan menggunakan autoindex ini. dan dapat kita implementasikan pada sekolah kita untuk media pembelajaranan.

REFERENSI

http://autoindex.sourceforge.net/

--Cukup sekian Informasi yang dapat saya sampaikan--
semoga bermanfaat !!
Wassalammualaikum Wr.Wb 

1 comment: