Monday, February 6, 2017

KONFIGURASIN VPN PADA MIKROTIK

Posted by Nurkolis on February 06, 2017 in | No comments

ASSALAMMUALAIKUM WR.WB




PENGERTIAN

VPN (Virtual Private Network) merupakan suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lain secara pribadi melalui jaringan internet (public).
Disebut virtual Network karena VPN menggunakan jaringan internet sebagai media perantaranya dengan kata lain koneksinya bukan secara langsung.
   VPN juga merupakan salah satu fitur yang mendukung penggunaan internet safe, yaitu keamanan dalam melakukan browsing dan juga surfing, serta kegiatan lainnya yang menggunakan koneksi internet.


LATAR BELAKANG


Karena hotspot saya putus nyambung untuk itulah saya konfigurasi VPN pada mikrtoik saya.

MAKSUD & TUJUAN

Bertujuan agar koneksi internet kita tidak putus nyambung dan agar aman dalam melakukan browsing,surfing dan mempercepat koneksi kita.

ALAT & BAHAN

1. Pc server
2. laptop client
3. mikrotik

JANGKA WAKTU

Jangka waktu yang dibutuhkan kurang lebih 15 menit.

LANGKAH KERJA


1. pertama-tama koneksikan pada hotspot kalian.
2. setelah itu buka winbox kalian
3. lalu masuk ke PPP>pptp server , kemudian ceklis enable .lalu apply>OK

4. kemudian masuk ke IP>Pool kemudian + . setelah itu beri nama dan ip pool yang digunakan. ip pool ini digunakan untuk sebagai DHCP atau memberikan ip secara otomatis pada client.


5. masuk ke PPP>profile . kemudian masukan nama , local addres, local adress ini adalah gateway dari ip pool tadi. remote addresnya pilih nama yang dibuat tadi.


6. kemudian masuk ke secret, lalu tambah (+) kemudian berikan username dan password. username dan password ini digunakan untuk membuat vpn pada client nanti. kemudian service nya pilih pptp. dan profile isi wirosari atau data yang sudah kita buat tadi.


7. kemudian masuk ke pptp server lagi, kemudian ganti default profilenya menjadi profile yang sudah kita buat tadi. lalu apply>OK

8. Setelah itu kita setting pada laptop kita, edit conection>add tambah kemudian pilih PPTP lalu create.


9. lalu kita masukan gateway ip public atau ppoe kita dari mikrotik. dan masukan usernam dan password yang sudah kita buat tadi. lalu save.

10. setelah itu kita masuk jaringan pusatnya, disini saya masuk ke hotspot BLC telkom 1. kemudian kita aktifkan VPN yang telah kita buat tadi.

11. Nah konfigurasi kita sudah selesai. silahkan dicoba kawan.

KESIMPULAN

Kita dapat mengkonfigurasi VPN kita melalui mikrotik dan dapat menyambung pada server pusat dan kalau di implementasikan pada ip public akan mepermudahkan kita dalam bekerja.

REFERENSI

https://id.wikipedia.org/wiki/Virtual_private_network

--Cukup sekian informasi yang dapat saya sampaikan--
Kurang lebihnya mohon maaf
Wassalammualaikum Wr.WB

0 komentar:

Post a Comment