Saturday, February 18, 2017

KONFIGURASI DHCP SERVER-Debian Router

Posted by Nurkolis on February 18, 2017 in | No comments

ASSALAMMUALAIKUM WR.WB




PENGERTIAN

Dynamic Host Configuration Protocol adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual. Jika DHCP dipasang di jaringan lokal, maka semua komputer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP.

LATAR BELAKANG

Karena saya ingin akses internet saya  bisa disebarkan oleh access point saya, untuk itu saya konfigurasi DHCP ini, agar client bisa terhubung dan langsung mendapatkan IP secara otomatis.

MAKSUD & TUJUAN

Karena tidak mungkin kita melakukan konfigurasi untuk client secara statik, kita bisa melakukan konfigurasi statik apabila jumlah client itu sedikit, kalau jumlah client atau pengakses banyak , untuk itulah kita melakukan konfigurasi DHCP server ini

ALAT & BAHAN

1. Pc debian router
2. Access Point
3. laptop client
4. jaringan internet

JANGKA WAKTU

Jangka waktu yang dibutuh kan untuk konfigurasi DHCP server ini kurang lebih 15 menit.

LANGKAH KERJA

1. Pertama-tama laptop kita harus sudah tersambung dengan wifi kita
2. setelah itu kita masuk ke root debian router kita.
3. kemudian kita masukan perintah # apt-get install isc-dhcp-server untuk menginstall DHCP server


4. setelah proses instalasi selesai, lalu kita ketikan perintah # nano /etc/dhcp/dhcp.conf untuk melakukan konfigurasi ip addres didalamnya

5. kemudian kita cari kata " A slight...." kemudian kita edit pada subnet, netmask, range, options router, dan options brodcats-addressnya.
- subnet = kita isi network ip kita
- netmask = kita isikan prefik yang kita inginkan disini saya beri prefik /28 jadi total netmasknya 255.255.255.240
- range = kita isikan IP berapa sampai berapa yg kita inginkan, dengan catatan harus berbeda network, gatewway dan brodcast kita. lihat contoh.
- options router = merupakan ip gateway dari access point tersebut
- options brodcast-address = kita isikan IP paling belakang saja, untuk mempermudahkan.

6. kemudian kita masukan perintah # nano /etc/default/isc-dhcp-server untuk konfigurasi ethernet yang tersambung. tekan enter.

7. setelah itu kita cari "INTERFACE" lalu ganti dengan interface yang kita tacapkan pada PC kita yang terhubung pada Access point kita.

8. kemudian kita mulai konfigurasi kita atau kita aktifkan dengan cara # service isc-dhcp-server start

9. Nah konfigurasi kita sudah selesai, tinggal kita jalankan pada laptop client kita, dan secara otomatis laptop kita akan mendapatkan IP addres secara otomatis dan kita bisa gunakan untuk browsing atau internetan. Selamat Mencoba !!!

KESIMPULAN

Kita dapat memberikan IP secara otomatis pada client kita dengan melakukan proses instalasi dan konfigurasi DHCP server pada debian router kita.

REFERENSI

https://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_Konfigurasi_Hos_Dinamik

--Cukup sekian informasi yang dapat saya sampaikan--
Kurang lebihnya mohon maaf
Wassalammulaikum Wr.Wb 


0 komentar:

Post a Comment