Friday, January 27, 2017

TUTORIAL MEMBUAT WEBSITE DENGAN CMS BALITBANG

Posted by Nurkolis on January 27, 2017 in | No comments

ASSALAMMUALAIKUM WR.WB



PENGERTIAN

Web server adalah perangkat keras maupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP Atau HTTPS. Pengguna web server paling umum digunakan untuk penyimpanan data ataupun untuk menjalankan aplikasi tertentu.
 Fungsi utama dari web server adalah untuk mentranfer berkas melalui protokol yang sudah ditentukan. Kebanyakan web server terdiri atas berkas teks,gambar,video dll.

LATAR BELAKANG

Karena banyaknya perusahaan atau sekolah yang ada, tapi banyak dari perusahaan atau sekolah belum mempunyai website perusahaan ataupun website sekolah. untuk itu saya menginstall aplikasi cmsbalitbang untuk membuat website sekolah.

MAKSUD & TUJUAN

Untuk mengetahui bagaimana cara membuat website melalui aplikasi menggunakan cmsbalitbang.

JANGKA WAKTU

Kurang lebih 15 menit untuk konfigurasi

LANGKAH KERJA

1. pertama-tama download terlebih dahulu cms balitbang, bisa dicari digoogle.
2. setelah itu masuk ke terminal menggunakan su atau super user.

3. kemudian masuk ke direktori tempat cms yg didownload, kemudian di # ls untuk memunculkan isi direktori yang ada di download.

4. setelah itu kita copy cmsnya disini nama filenya adalah download352.zip kita copy dengan cara # cp download352.zip /var/www/html disini /var/www/html ini adalah directory yang kita tuju.

5. kemudian kita masuk ke direktori html dengan cara # cd /var/www/html lalu kita cek filenya dengan cara # ls kemudian kita unzip filenya # unzip download 352.zip sebelumnya kalian harus menginstall aplikasi unzip dengan cara # apt-get install unzip

6. tunggu proses unzip atau peng-ekstarakan selesai


7. kemudian kita # ls lalu kita rubah nama cmsbalitbang dengan cara # mv cmsbalitbangv325/ cms . cms disini adalah nama yang kita cantumkan untuk mengubah cmsbalitbang.


8. kemudian kita beri hak milik pada file cmsnya. dengan cara # chown -R www-data:www-data cms/

9. setelah itu selesai kita, buka browser lalu ketik localhost/cms lalu enter. kemudian akan muncul tampilan seperti ini, lalu pilih saya setuju


10. kemudian pilih Sekolah menengah kejuruan, karena kita ingin membuat website sekolah SMK


11. setelah itu pilih paket lengkap, kemudian lanjut. seperti gambar dibawah ini.

12. sebelumnya kita buat data base terlebih dahulu pada phpmyadmin. seperti tampilan dibawah ini. silahkan kunjungi blog instalasi Lamp Klik Disini


13. kemudian isi konfigurasi cms balitbang , masukan database yang kita buat pada ppmyadmin tadi di database name. setelah diisi semua kita klik install.

14. Nah apabila konfigurasi sudah benar tampilanya akan seperti dibawah ini. apablia failed cek lagi konfigurasinya.

15. kemudian kalian bisa melihat tampilan awalnya ataupun langsung login melalui admin.

16. Nah ini adalah tampilan admin untuk mengedit atau menambah file yang kita inginkan. silahkan edit sesuka kalian. Selamat mencoba.


KESIMPULAN

CMS Balitbang ini adalah salah satu aplikasi website yang digunakan untuk membuat atau mengedit website sekolah sesuai selera dan keinginan admin sendiri.

REFERENSI

https://id.wikipedia.org/wiki/Server_web

--Itulah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan--
SEMOGA BERMANFAAT
Wassalammulaikum Wr.Wb 

0 komentar:

Post a Comment