Tuesday, December 27, 2016

PERBEDAAN TENTANG HUB,SWITCH,DAN ROUTER

Posted by Nurkolis on December 27, 2016 in | No comments

ASSALAMMUALAIKUM WR.WB

    Diblog sederhana ini saya akan membahas tentang perbedaan hub,switch,router,bridge. untuk mempersingkat waktu mari disimpak dibawah ini.

A. PENGERTIAN

    1. HUB
         Adalah sebuah peranti jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan peranti-peranti dengan kabel ethernet, agar menjadi pusat suatu jaringan.
    2. SWITCH

          Adalah sebuah perangkat jaringan yang menghubungkan perangkat pada jaringan komputer dengan pengalihan berdasarkan MAC Address.

   3. ROUTER
    Adalah alat sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet melalui proses yang dikenal sebagai penghalaan. Router ini merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada layer ke-3.

B. LATAR BELAKANG

       Latar belakang postingan untuk lebih memahami dan mengetahui perbedaan hub,switch,router dan mengetahui yang termasuk Layer 1,2,3

C. TUJUAN
  • Mengetahui perbedaan Hub,Switch,Router
  • Mengetahui prinsip kerja Hub,Switch,Router
  • Memahami cara kerja pada layer 1,2,3
D. PEMAHAMAN

       Dibawah ini pemahaman tentang hub,switch,dan router. mari kita simak dibawak ini.


  1. Hub merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada layer 1 .Hub ini bekerja tak lebih hanya sebagai penyambung dan menguatkan sinyal kabel UTP saja. Hub tidak mengenal MAC Address, sehingga tidak dapat memilah data untuk ditransmisikan.

 2. Switch ini merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada layer ke dua, switch ini dapat mengenal MAC Address, sehingga dapat memilah paket data untuk disalurkan ke tujuan yang di inginkan. dalam switch ini terdapat proses routing. Routing ini berfungsi sebagai batu loncat untuk melakukan koneksi dengan komputer lain dalam LAN.

 3. Router ini sudah mengenal ip Address dan router ini berperan sangat penting untuk menghubungkan atau meneruskan paket data antara dua segmen jaringan atau lebih. dan router ini adalah perangkat jaringan yang bekerja pada layer ke 3.

E. KESIMPULAN 

     Kesimpulan dari postingan diatas kita dapat mengetahui perbedaan hub,switch,router. dan perangkat yang termasuk dalam layer 1,2,dan 3

F. REFERENSI
 Cukup sekian informasi yang saya berikan, kurang lebihnya mohon maaf. Sekian dari saya
Wassalammualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment