Saturday, December 31, 2016

KONFIGURASI DASAR MIKROTIK

Posted by Nurkolis on December 31, 2016 in | 1 comment

ASSALAMMUALAIKUM WR.WB

     kali ini saya akan memberikan sedikit informasi bagaimana cara konfigurasi dasar mikrotik. untuk lebih lanjut, mari disimak dibawah ini
A. PENGERTIAN
     Mikrotik adalah sebuah jaringan kecil menurut versi bahasa indonesia. sedangkan menurut situs resmi Mikrotik adalah perusahaan kecil yang berkantor pusat di latvia, yang dibentuk oleh jhon trurlly dan arnis Riekstins. perusahan ini didirikan pada tahun 1995.
B. LATAR BELAKANG
      Latar belakang pembuatan postingan ini untuk mengetahui dan mempelajari tentang mikrotik, tapi yang saya bahas kali ini adalah konfigurasi dasar mikrotik.
C. TUJUAN
  • Memahami apa itu Mikrotik
  • Mengetahui siapa yang mendirikan Mikrotik
  • Mengetahui cara Konfigurasi Dasar Mikrotik
D. JANGKA WAKTU
      Waktu yang dibutuhkan untuk Konfigurasi mikrotik -+ 15 menit, karena saya masih pemula.
E. ALAT DAN BAHAN
  1. Mikrotik
  2. Kabel UTP
  3. laptop
F. LANGKAH KERJA
  1. Pertama siapkan alat dan bahan terlebih dahulu
  2. Setelah itu setting ip laptop kalian terlebih dahulu seperti gambar dibawah ini. lalu klik pilih "add"


  3. kemudian akan muncul tampilan berikutnya lalu pilih ipv4 setting.

  4. setelah itu masukan alamat Ip kalian contoh addresnya = 192.168.88.2 lalu netmask =24 dan gateway = 192.168.88.1  setelah selesai lalu "save"

  5. kemudian masuk ke winbox, ohh iya teman-teman harus memiliki winbox terlebih dahulu, bisa didownload melalui situs resmi mikrotik  www.mikrotik.com . setelah itu klik ip address tersebut lalu "connect"

  6. setelah itu akan mucul tampilan awal mikrotik, seperti gambar dibawah ini.

  7. kemudian ganti nama mikrotik terlebih dahulu. masuk ke sytem > identity

  8. setelah itu ganti nama mikrotik kalian sesuka kalian, disini saya namakan sawira. lalu pilih "apply" lalu ok .


  9. kemudian setelah selesai masuk ke interface lalu beri nama pada ethernet 1, dengan cara klik "comment" atau gambar kertas kuning. seperti dibawah ini. beri nama internet, karena ethernet 1 adalah sumber internet. dan berikan nama di ethernet 2 sebagai client.
  10. lalu kita setting IP address, pilih IP>Address
  11. kemudian kita pilih + lalu kita setting ip kita contoh = 10.11.12.22/24 sebagai ethernet 1, lalu Apply>OK

  12. setelah itu atur IP addressnya seperti gambar dibawah ini contoh= 192.168.1.1/29 . kemudian pilih interface nya ethernet 2 karena kabel UTP saya menyambung di ethernet 2 yang berada pada mikrotik. kemudian "apply" secara otomatis network nya terisi sendiri. lalu "Ok"
  13. setelah itu kita menuju IP>DNS untuk menyetting DNS.
  14. kemudian kita isi DNS nya sesuai yang telah ditentukan disini saya beri 202.134.1.10 dan yang bawah saya isi 202.134.0.155 lalu Apply>OK
  15. setelah itu kita menuju IP>DHCP Server lalu pilih DHCP Setup, kemudian ganti ethernet 1 menjadi ethernet 2. lalu next sampai berhasil.
  16. lalu kita pilih IP>Firewall lalu kita pilih NAT lalu pilih general lalu atur pada "out interface" pilih ethernet 1. lalu atur pada "action" lalu ganti dengan masquerade. lalu Apply>OK


  17. Sekarang kita masuk terminal apakah sudah tersambung atau belum. kita ping masukan ip laptop kita = ping 192.168.88.2 lalu enter. apabila ada tulisan nomer 56 64 0ms, berarti ip kita sudah tersambung dengan mikrotik.

     G. KESIMPULAN  
      Kita dapat mengetahui apa itu mikrotik dan siapa yang mendirikan perusahaan tersebut dan mengetahui cara Konfigurasi Dasar Mikrotik.
    H. REFERENSI 
      • https://id.wikipedia.org/wiki/MikroTik
       

    --Cukup sekian informasi yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf, Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca sekalian. Sekian dari saya --
    Wassalammualaikum Wr.Wb

     

1 comment: